CONTOH LAPORAN HASIL DISKUSI SECARA LENGKAP
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Contoh Lengkap Laporan Hasil Diskusi Kelompok - Selamat pagi sahabat BK, kali saya akan membagikan contoh laporan hasil diskusi kelompok dari tema pembahasan Kenalan Remaja. Dengan adanya contoh ini saya berharap kalian dapat mendapatkan contoh dan mengembangkannya sesuai dengan tema yang akan kalian bahas. Adapun pengertian diskusi kelompok bisa kalian baca disini.
Mungkin ada beberapa kekurangan silahkan kalian tambahi dan berikan hasil karya kalian kepada guru dengan semaksimal mungkin agar nantinya kalian dapat menguasai dengan jelas dan paham karena jenis tugas ini akan sering kalian hadapi saat di bangku kuliah nanti. Berikut contohnya :
LAPORAN HASIL DISKUSI
( Kenakalan Remaja )
Kelas XI IPA MA Sabilil Muttaqien
Hari/Tanggal : Rabu , 31 Oktober 2012
Waktu : 8.30 – 9.15 dan 9.30 – 10.15 WIB
Tempat : Ruangan Kelas XI IPA
Judul Makalah : Kenakalan Remaja
Pelaksan Diskusi
1. Penyaji : Kelompok II
2. Moderator : Arum Sari
3. Notulis : Siti Wahidah
4. Daftar Hadir : Seluruh Siswa Dan Siswi Kelas XI IPA
Acara
1. Pembukaan
Moderator membuka diskusi dengan mempersilahkan penyaji untuk mempresentasekan hasil diskusi ( materi yang akan di bawakan )
2. Penyajian
Pembicara menyampaikan materi mengenai seks bebas di kalangan remaja secara garis besarnya . kemudian mempersilahkan peserta diskusi untuk membaca materi yang lebih lengkap dalam makalah yang telah di bagikan oleh penyaji.
3. Tanya Jawab
Pertanyaan :
1. Saeful Yusuf.
Apa yang dimaksud dari kenakalan remaja yang merupakan kenakalan orang tua .
2. Siti Masitoh
Salah satu contoh kenakalan remaja adalah merokok . Hal – hal apa sajakah yang harus di lakukan untuk mengatasi kenakalan remaja dan kiat – kiatnya .
3. Yulia Anis
Bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja dari pihak :
- Pemerintah
- Sekolah
- Masyarakat
- Keluarga
Jawaban :
1. Pertanyaan dari Siti Masitoh
Sariyanti menjawab pertanyaan dari saudara Siti Masitoh
"hal – hal yang harus dilakukan yaitu pihak sekolah harus membantu semacam slogan mengenai bahaya dari rokok tersebut"
Tanggapan dari Siti Masitoh ( penanya ) :
"namun jika kita melihat realita yang ada walaupun sudah di buat semacam slogan tersebut masih ada juga siswa yang merokok"
Tanggapan balik dari Sariyanti ( penyaji ) :
"dari pihak sekolah harus mengadakan itu, namun kembali lagi kepada pribadi atau kesadaran masing – masing individu"
Tambahan dari Julian Indri sebagai pihak penyaji :
"dari pihak sekolah sebaiknya membuat suatu peraturan , yang mana peraturan tersebut telah di sepakati oleh semua elemen dari sekolah dan bagi pihak yang melanggar di kenai sanksi"
Tanggapan dari Meittha Amelia R( penanya ) :
"saya rasa jawaban dari Sariyanti sudah jelas , namun saya masih kurang mengerti dengan jawaban yang di berikan oleh Julian Indri . Sebagai contoh walaupun sudah ada sanksi namun masih banyak pihak yang tetap merokok sebagai contoh dari pihak guru masih ada saja yang melanggar hal tersebut"
Tanggapan balik dari Julian Indri ( penyaji ) :
"maaf saat disini mungkin anda salah paham dengan maksud saya . Maksud saya di sini perlu di rundingkan secara baik- baik auran yang telah di buat dan di sepakati bersama sehingga apabila ada yang melanggar maka akan di berikan sanksi yang tegas atas perbuatan tersebut"
Tanggapan dari Siti Masitoh ( penanya ) :
"Maaf saya rasa jawaban yang anda berikan kurang tepat"
Tanggapan dari Sariyanti ( penyaji ) :
"disini saya akan menjawab pertanyaan dari anda , hal – hal yang harus dilakukan yaitu dengan adamya slogan – slogan tentang bahaya merokok bagi si pengguna dan perlu adanya tindakan berupa sanksi yang tegas bagi yang melanggar aturan"
Tanggapan dari saudara Siti Masitoh ( penanya ) :
"namun dari kedua hal yang anda sebutkan masih saja adanya siswa yang merokok"
Tanggapan dari sariyanti ( penyaji ) :
"hal tersebut kembali lagi kepada kesadaran individu masing – masing karenaapabila jika ada kesadaran individu tentang bahaya rokok"
Tanggapan dari Siti Masitoh ( penanya ) :
"saya rasa jawaban nya sudah cukup jelas"
2. Pertanyaan dari Saeful Yusuf
Julian Indri menjawab pertanyaan dari Saeful Yusuf :
"Maksudnya yaitu orang Tua yang salah mendidik anaknya terkadang kita melihat remaja melakukan kenakalan remaja yang di sebabkan faktor lingkungan ( teman ) dan lingkunga keluarga ( orang tua ) seperti contoh orang tua yang melakukan perselingkuhan , pertengkaran yang menyebabkan anaknya meniru perbuatan orang tua"
Tangggapan dari Sariyanti ( penyaji ) :
"Kenakalan Remaja adalah kenakalan orang tua , Maksudnya sebagai perwujudan gagalnya orang tua dalam mendidik anaknya"
Tanggapan dari Saeful Yusuf( penanya ) :
"Penjelasan dari Sariyanti kurang dimengerti karena penjelasannya berbelit – belit . kegagalan yang di maksud itu seperti apa "???
Tanggapan dari Sariyanti ( penyaji ) :
"Perwujudan dari gagalnya orang tua mendidik anaknya yaitu orang tua hanya mampu memfasilitasi sedangkan tidak adanya kasih sayang terhadap anak , sementara kita ketahui bersama bahwa kasih sayang orang tua sangat di butuhkan"
Tanggapan dari Laely Najihatun( penyaji ) :
"Secara langsung kenakalan orang tua berarti kegagalan orang tua"
Intrupsi Siti Masitoh :
"saya harap yang menjawab tiidak hanya itu – itu saja"
Tanggapan dari Saeful Yusuf( Penanya ) :
"jawaban dari Laely Najihatun hanya tambah membingungkan saja tolong di perjelas"
Tanggapan dari Julian Indri ( penyaji ) :
"kenakalan orang tua yaitu satu perwujudan dari kegagalan orang tua dalam mengurus anaknya"
Tanggapan dari Saeful Yusuf( penanya ) :
"tolong simpulkan maksud dari kenakalan orang tua"
Tanggapan dari Sariyanti ( penyaji ):
"kenakalan orang tua dapat di tiru anaknya , dapat membawa anakanya dalam kenakalan remaja dan itu merupakan kegagalan orang tua"
Tanggapan dari Saeful Yusuf( penanya ) :
"jadi kesimpulannya bahwa kenakalan remaja dapat terjadi karena kegagalan orang tua dalam mendidik anak nya , jawabanya saya rasa cukup jelas"
3. Pertanyaan dari Yulia Anis,Laely Najihatun menjawab pertanyaan dari Yulia Anis:
“ Adapun cara mengatasi kenakalan remaja yaitu :
- Pihak pemerintah , ysitu mencegahnnya dengan cara mengoptimalisasi kerja dari lembaga kepolisian
- Pihak Sekolah , yaiu dengan di adakanya pelajaran tentang pendidikan kewarganegaraan
- Pihak masyarakat , yaitu dengan menanamkan nilai – nilai seperti norma agama ,
- Pihak keluarga , yaitu dengan membina dan mengembangkan kepribadian dari remaja .
Tanggapan dari Yulia Anis ( penanya ) :
"Yang anda jelaskan tadi adalah cara mencegah terjadinya kenakalan remaja , namun yang saya inginkan adalah cara mengatasi . sebelumnya anda perlu ketahui terlebih dahulu makna mencegah dan mengatasi . Mencegah berarti sebelum terjadi kenakalan remaja namun yang saya maksud adakah setelah terjadi kenakalan remaja"
Tanggapan balik dari Laely Najihatun ( penanya ) :
"Baik saya ralat jawaban saya"
- Pihak pemerintah , yaitu misalnya tawuran , dari pihak pemerintah menurunkan aparat kepolisian untuk mengamankannya .
- Pihak masyarakat , yaitu dengan tidak mengucilkan remaja yang terlibat dalam kenakalan remaja .
- Pihak sekolah , yaitu memberikan sanksi tegas kepada pelaku kenakalan remaja dan pembina guru BP
- Pihak keluarga , yaitu dengan memberikan sanksi kepada anaknya .
Tanggapan dari Yulia Anis ( penanya ) :
"sanksi tegas apa yang di berikan orang tua kepada anaknya"?
Tanggapan balik dari Laely Najihatun ( penyaji ) :
apabila seorang remaja melakukan kenakalan remaja , maka orang tua dapat memberi sanksi berupa :
- Membatasi uang jajan
- Membatasi waktu bermain dan bersenag senanng
- Membatasi fasilitas
Tanggapan dari Yulia Anis ( penanya ) :
"saya rasa jawaban nya jelas dan saya terima"
Moderator menutup diskusi dengan menyimpulkan presentase hasil diskusi dari kelompok II .
- Masa remaja merupakan masa dimana seorang individu mengalami peralihan dari suatu tahap ketahap yang lain , dan mengalami perubahan baik emosi , tubuh , minat, pola prilaku , dan juga penuh dengan masalah –masalah .
- Hal-hal yang bisa dilakukan untuk megatasi kenakalan remaja :
- Kegagalan orang yang mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa di cegah atau di atasi pada prinsipnya keteladanan .
- Adanya motivasi dari keluarga , guru, teman sebaya , untuk melakukan point pertama .
- Kemauan orang tua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis dan komunikatif dan nyaman bagi remaja .
- Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orang tua memberi arahan dengan siapa dan dikomunitas mana remaja harus bergaul .
- Remaja membentuk ketahan diri agar tidak terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai harapan .
Demikian informasi contoh tentang hasil diskusi kelompok. Semoga dapat memberikan inspirasi daya kreatifitas kalian. Selamat mengerjakan tugas.
Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.